BASEL I


Basel I
Basel I adalah putaran pertimbangan oleh gubernur bank sentral dari seluruh dunia, dan pada tahun 1988, Komite Basel (BCBS) di Basel, Swiss, menerbitkan satu set persyaratan modal minimal untuk bank. Hal ini juga dikenal sebagai Basel Accord, 1988, dan ditegakkan oleh hukum dalam Kelompok Sepuluh (G-10) negara pada tahun 1992. Basel I sekarang luas dianggap sebagai ketinggalan jaman. Memang, dunia telah berubah sebagai konglomerat keuangan, inovasi keuangan dan manajemen risiko telah dikembangkan. Oleh karena itu, satu set pedoman yang lebih komprehensif, yang dikenal sebagai Basel II sedang dalam proses pelaksanaan oleh beberapa negara dan update baru dalam menanggapi krisis keuangan sering digambarkan sebagai Basel III.
Komite dibentuk sebagai tanggapan terhadap likuidasi berantakan dari Cologne berbasis bank (Herstatt Bank) pada tahun 1974. Pada tanggal 26 Juni 1974, sejumlah bank telah merilis Deutsche Mark (Jerman Markus) kepada Bank Herstatt dalam pertukaran untuk pembayaran diserahkan dolar di New York. Pada rekening perbedaan zona waktu, ada lag dalam pembayaran dolar untuk melawan bank, dan selama kesenjangan ini, dan sebelum pembayaran dapat dilakukan dalam dolar di New York, Herstatt Bank dibubarkan oleh regulator Jerman .
Insiden ini mendorong G-10 negara untuk membentuk menjelang akhir tahun 1974, Komite Basel pada Pengawasan Perbankan, di bawah naungan Bank of International Settlements (BIS) yang berlokasi di Basel, Swiss. Basel I, Basel Accord pada tahun 1988, terutama difokuskan pada risiko kredit. Aset bank diklasifikasikan dan dikelompokkan ke dalam lima kategori menurut risiko kredit, membawa bobot risiko nol (untuk negara misalnya rumah utang negara), sepuluh, dua puluh, lima puluh, dan sampai seratus persen (kategori ini, misalnya, sebagian besar perusahaan utang). Bank dengan kehadiran internasional wajib memiliki modal sebesar 8% dari aktiva tertimbang menurut risiko. Penciptaan credit default swap setelah insiden Exxon Valdez membantu bank-bank besar risiko lindung nilai pinjaman dan bank diperbolehkan untuk mengurangi risiko mereka sendiri untuk mengurangi beban berat keterbatasan ini. Sejak tahun 1988, kerangka kerja ini telah diperkenalkan secara progresif di negara-negara anggota G-10, saat ini terdiri dari 13 negara, Kerajaan dan Amerika Serikat.
Mayoritas negara-negara lain, kini berjumlah lebih dari 100, juga telah diadopsi, setidaknya dalam nama, prinsip diatur dalam efisiensi I. Basel dengan yang mereka diberlakukan bervariasi, bahkan di negara-negara Kelompok Sepuluh.


0 Response to "BASEL I"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme