PEMBAHASAN PANCASILA SECARA ILMIAH

PEMBAHASAN PANCASILA SECARA ILMIAH
Pembahasan pancasila termasuk filsafat pancasila sebagai suatu kajian ilmiah. Harus memenihi syarat ilmiah sebagai dikemukakan oleh I.R. Poedjowijianto dalam bukunya ‘Tahu dan pengetahuan’ yang merinci syarat-syarat ilmiah sebagai berikut :
1. Berobjek
2. Bermetode
3. Bersistem
4. Bersifat Universal

1.Berobjek
Semua ilmu pengetahuan itu harus berobjek. Oleh karena itu pembahasan pancasila secara ilmiah harus memiliki objek yang di dalam filsafat ilmu pengetahuan dibedakan dua macam yaitu ‘objek farma’ dan ‘objek materia’.
Objek Farma pancasila adalah suatu sudut pandang tertentu dalam pembahasan pancasila atau dari sudut pandang apa pancasila itu dibahas. Pada hakikatnya pancasila dapat dibahas dari berbagai macam sudut pandang.
Objek Materia Pancasila adalah suatu objek yang merupakan sasaran pembahasan dan pengkajian pancasila baik bersifat empiris maupun nonempiris.
2. BERMETODE
Salah satu metode dalam pembahasan pancasila adalah metode ‘analitico syntetic’ yaitu suatu perpaduan metode analis dan sinetis.
3. BERSISTEM
Suatu pengetahuan ilmiah harus merupakan suatu yang bualat dan utuh.Baik berupa hubungan interelasi (saling berhubungan) maupun interdependensi (saling ketergantungan).
4.BERSIVAR UNIVERSAL
Kebenaran suatu pengetahuan ilmiah harus bersifat universal, artinya kebenaranya idak terbatas oleh waktu, ruang, keadaan situasi, kondisi maupun jumlah tertentu. Pancasila bersifat universal atau intisari, essensi atau makna terdalam dari sila-sila pancasila pada hakikatnya adalah bersifat universal.

1 Response to "PEMBAHASAN PANCASILA SECARA ILMIAH"

  1. Makasih ya...

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme